Minggu, 23 September 2018

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer  adalah sekumpulan komputer berkomunikasi  satu sama lain melalui media jaringan secara bersama-sama untuk tujuan sharing data dan peralatan.

Simple english wikipedia mengartikan Jaringan komputer adalah sebuah sekumpulan dari beberapa komputer dihubungkan secara elektronik. hal Ini bermakna bahawa komputer dapat “berkomunikasi” antara satu sama lain dan tiap-tiap komputer dalam jaringan dapat mengirim informasi kelainnya. Sebuah jaringan komputer adalah sekelompok komputer lebih terhubung satu sama elektronik, ini berarti bahwa kecepatan koneksi cepat – lebih cepat dari koneksi normal ke Internet

Jenis-jenis Jaringan Komputer :

1. PAN (Personal Area Network)
Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer, Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal).
Kegunaan jaringan PAN (Personal Area Network) yaitu menghubungkan perangkat-perangkat komputer sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal).
Gambar 1. PAN (Personal Area Network)
2. LAN (Local Area Network)
Local Area Network adalah suatu perangkat jaringan yang menghubungan komputer yang satu dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel dan router sebagai penyambungnya.
Contohnya komputer A dapat disambungkan dengan komputer B dengan menggunakan kabel LAN, namun jika ingin menghubungan Komputer A dengan Komputer B, C dan D maka diperlukan sebuah router (alat pengubung).
Gambar 2. LAN (Local Area Network)
3. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network adalah sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lain sebagainya. Jaringan MAN yaitu gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 sampai dengan 50 km, MAN ini adalah suatu jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Gambar 3. MAN (Metropolitan Area Network)
4. WAN (Wide Area Network)
Pengertian Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, radiusnya dapat mencakup sebuah negara bahkan benua.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Wide Area Network (WAN) merupakan sebuah jenis jaringan komputer yang mencangkup negara dan benua, atau suatu gabungan dari jaringan LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network).
Gambar 4. WAN (Wide Area Network)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Slider

Pages